Sunday 1 November 2015

Active Directory

Active Directory

Apa itu aktif Active Directory ?



  • Active Directory merupakan otak dari jaringan Windows Server
  • Sebuah database yang menampung semua objek,dan untuk memanage jaringan,komputer,user,dan group printer,folder sharing,dan lain-lain secara terpusat.
Proses Autentifikasi


Domain Controller adalah?
  •  Windows server yang menjalankan Active Directory Domain Services
  • Otak(core) dari jaringan windows
  • Jika mempunyai domain controller lebih dari 1 maka semua mempunyai Active Directory database yang sama

 Apa itu Domain?

   Domain adalah nama unik yang yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server dijaringan komputer maupun internet.Nama domain berfungsi untuk memudahkan pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server,selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP Address.Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti "wikipedia.org".Nama domain juga disebut dengan istilah URL atau alamat website.


Role

Role adalah sebuah tugas yang dapat dilakukan oleh server.
Domain Controller biasanya hanya mempunyai 2 role saja,yaitu
  • Active Directory Domain Service
  • DNS
Disarankan untuk sebuah server tidak menjalankan banyak role.

DNS

   DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data terbesar dalam sebuah jaringan. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server tranmisi surat yang menerima surat elektronik(email) untuk setiap domain.

  DNS menyediakan service yang cukup penting di internet,bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing) ,manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail .

  DNS adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Server untuk mencari komputer di dalam sebuah jaringan.Kita bisa mencari komputer melalui alamat IP atau nama komputer.Tanpa DNS Active Directory tidak dapat berjalan.Pada windows server 2008 disarankan untuk mengintegrasikan DNS dengan Active Directory.

rezzo

About rezzo