Saturday 1 June 2019

Transkip Film Dokumenter "PEJUANG SENJA"

      

MENTRANSKRIP NASKAH FILM DOKUMENTER (PEJUANG SENJA)
Sic Production
Hasil gambar untuk film dokumenter pejuang senja 
Judul film documenter            : Pejuang Senja ( Sebuah film documenter untuk Ayah dan Ibu)
Produser                                  : Galih Arifin
Director                                   : Riza Arifin
Director                                   : Riza Asriyanti
Screenwriter                            : Anisha Nur
Videografer                             : Tiara Khaliza
Pejuang senja tak luput oleh impian
Dari 8 negara diwilayah asia, Indonesia menduduki posisi tertinggi dalam tingkat angkatan kerja lanjut usia. Mencapai 39,8% dibandingkan negara cina, jepang, singapura, hongkong, malaysia , taiwan, dan filipina (2014)
 kota sukabumi n ovember 2018
M. Soleh juru parkir 72 tahun, sudah punya istri, sudah punya cucu umurnya tujuh puluh tiga tahun, anaknya sudah besar semua sudah bekerja. Terlihat diusia lanjut bapak ini masih bekerja demi menghidupi anak dan istrinya dan untuk menyambung hidup.
Muhammad Ali 70 tahun juru parkir karena bapak sudah tua dan yang bisa dikerjakan diusia tuanya hanya jadi tukang parkir, akhirnya beliau memutuskan untuk menjadi tukang parkir, beliau bilang sampai tamat diberi panjang umur paling sehat menjadi tukang parkir
Berdasarkan data departemen sosial tercatat 3.092.910 (20%) diantaranya adalah lansia terlantar (depsos 2006). Lansia terlantar inilah yang melahirkan anggapan bahwa lansia tidak produktif, padahal diusia senja lansia tentu tidak ingin menjadi beban, disisi lain pasti juga ada harapan dari diri mereka untuk menikati masa tuanya dengan bergembira tanpa harus melahirkan beban keluarga.
Pak Dadan penjual gula aren umur 81 tahun. Sudah punyacucu banyak , dulu bapak pernah ikut angkatan laut tetapi tidak jadi. Denan batalyon 327 tetapi tidak jadi, tidak ada nasib, tetapi nasib bapak berjualan di gang peda jualan gula aren saja. Kalau beliau mempunyai rezeki beliau ingin sekali membuatkan rumah untuk anak cucunya, beliau ingin membahagian kelurga kecilnya meskipun hidup dengan ekonomi pas-pasan
Masih banyaknya lansia yang bekerja mungkin berkaitan dengan masih banyaknya yang berstatus sebagai kepala keluarga. Lansia yang berstatus kepala keluarga ini lebih banyak laki-laki (71,8%)
Bapak Mahmud penjual nangka 82 tahun, tinggal di Cianjur , beliau berjualan emping, nangka, putu mayang, rengginang. Beliau berjualan sudah lama sekali sejak tahun 1975.
Banyak keluarga atau anak ynang menitipkan orang tuanya ataupun kakek neneknya ke panti dengan berbagai alasan namun pada dasarnya para lansia hanya ingin berada disampingkeluarganya apapun yang terjadi
Panti kasih GKI Sukabumi
November 2018
Ny. Entin 84 tahun beliau dipanti sudah 12 tahun dari tahun 2006 tepatnya pada bulan juli, kegiatan yang dilakukan di panti tersebut adalah merajut menjahit ,  pokoknya senang dipanti banyak temennya. Ny. Entin merasa senang karena di Panti ini beliau diajarakan merajut, menjahit dan di Panti ini beliau mempunyai teman untuk berbicara, bercanda, sehingga beliau merasa senang tinggal di panti ini.
Bapak Hermanto 73 tahun, beliau berada di panti sejak tahun 2009 sakit, lagi kerja di boros di pabrik gula, beliau sakit jadi tidak bisa bekerja lagi, jadi di rawat di Jakarta, pada saat itu beliau mengidap sakit ginjal dan akhirnya sembuh, jadi tinggal dipanti. Kegiatan yang ada dipanti meliputi renungan, senam. Harapan bapak Hermanto dimasa tua, nikmati saja kehidupannya, kita terima sakit sampai sembuh. kita sampaikan kepada Gusti Allah, dan perbanyak bersyukur Alhamdulillah.
Ny. Titin 78 Tahun, berada dipanti supaya tidak stress atau banyak pikiran, disini beliau suka membaca alkitab dikamar, suka menyanyi, membuat rajutan dan menggambar. Perasaan oma Titin selalu senang, beliau sudah tua, jadi pasrah saja tidak tahu kapan dipanggil oleh Tuhan.
Terimaksih sudah melihat blog kami, semoga bisa memberikan manfaat bagi kalian semua....tetap semangat dan tetap berusaha....

rezzo

About rezzo