Thursday 17 September 2015

Cara Membuat VM (Virtual Machine) di Proxmox

Cara Membuat VM (Virtual Machine) di Proxmox

 1. Jalankan server Proxmox anda dan Buka ip address proxmox anda dengan
    web browser kesukaan anda
2. Kemudian akan muncul tampilan Control Web Based Proxmox anda

Reza Saputra
  • Pada pojok kanan atas terdapat 3 menu Logout, Create VM, Create CT. Klik yang Create VM
3. Setelah itu muncul kotak box Create: Virtual Machine

Reza Saputra
  • Pada tab konfigurasi General ini kita mengatur letak vm di node mana dan VM IDnya berapa serta nama untuk vm.
  • Jika sudah diisi semua klik Next.
4. Selanjutnya kita akan mengisi pada tab konfigurasi OS

Reza Saputra
  • Pada OS ini kita memilih jenis OS yang akan di install pada VM kita. Untuk linux sendiri kita memilih jenis kernelnya dan untuk Microsoft kita memilih versi Microsoft.
  • Jika sudah klik Next
5. Setelah menentukan OS untuk sistem maka kita akan ke tab konfigurasi CD/DVD

Reza Saputra
  • Pada tab CD/DVD pilih letak storage untuk Image ISO dari OS disini saya storagenya berapa di nfs dan iso image yang saya pilih adalah ubuntu
  • Lalu klik Next
6. Setelah itu masuk ke konfigurasi Hard disk

Reza Saputra
  • Pada konfigurasi Hard disk ini kita cukup mengatur Disk size (GB) saja disini disk yang akan saya gunakan 32 GB.
  • Klik Next jika sudah.
7. Selanjutnya kita mengatur CPU untuk VMnya

Reza Saputra
  • Untuk sockets dan cores silahkan disesuaikan kebutuhan anda karena kebutuhan saya cuma untuk membuat website maka sockets dan cores saya menggunakan cukup 1 saja.
  • Kemudian klik Next.
8. Lalu tentukan kebutuhan RAM/Memorynya

Reza Saputra

  • Pada used fixed size memory saya hanya mengisi 512MB saja. Kemudian klik Next
9. Tahapan terakhir setting Network

Reza Saputra
  • Untuk Network saya memilih Bridge mode dan VLAN Tag saya sesuaikan dengan VLAN ID pada Mikrotik saya yaitu 1109. Untuk yang tidak menggunakan VLAN ID bisa disetting NAT
  • Kemudian klik Next
10. Kemudian konfirmasi settingan tersebut.

Reza Saputra

  • Klik Finish




~semoga bermanfaat~

rezzo

About rezzo

4 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
18 November 2015 at 01:23 delete

VM (Virtual Machine)itu sendiri apa gan?

Reply
avatar
rezzo
AUTHOR
18 November 2015 at 01:26 delete

Dalam komputasi, sebuah mesin virtual (VM) adalah emulasi dari sistem komputer tertentu. Mesin virtual beroperasi berdasarkan arsitektur komputer dan fungsi komputer nyata atau hipotetis, dan implementasi mereka mungkin melibatkan khusus hardware, software, atau kombinasi keduanya.

untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi web ini https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_machine

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 January 2016 at 19:15 delete

mau tanya apabila saya ingin menginstal aplikasi seperti contoh instal ms office atau aplikasi lainnya di dalam proxmox gimana ya.?
terima kasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 January 2016 at 00:27 delete

proxmox itu hanya di gunakan untuk virtualisasi gan .

Reply
avatar